Bisnis

Bisnis dan Etika Global

Dengan munculnya Internet, segala sesuatu mulai dari hubungan pribadi hingga bisnis telah menjadi “global” untuk semua maksud dan tujuan. Hari ini, Anda dapat berbicara dengan orang-orang di seluruh dunia semudah Anda berbicara dengan tetangga sebelah Anda. Bisnis dapat bertukar dokumen dari semua jenis dengan menekan sebuah tombol – tanpa harus menunggu berhari-hari, seringkali berminggu-minggu, untuk dokumen-dokumen ini untuk dikirimkan secara manual. Kami global, dan ini memiliki dampak besar di bidang etika bisnis.

Yang harus kita sadari adalah bahwa apa yang dianggap etis di negara kita belum tentu dianggap etis di negara lain. Hal ini sering membuat menjalankan bisnis global menjadi sangat sulit. Pada suatu waktu, karena kurangnya internet, itu lebih tentang secara keliru tidak menghormati adat dan tradisi orang lain. Namun, ada banyak hal yang dipertaruhkan hari ini. Anda juga tidak boleh menginjak-injak semua perusahaan lain – atau negara – Kode Etik, sambil tetap setia pada bisnis Anda sendiri atau Kode Etik negara Anda.

Langkah pertama adalah memahami tradisi bisnis dan kebiasaan negara tempat perusahaan Anda berada. Kami berharap mereka akan melakukan hal yang sama untuk Anda, dan berusaha untuk mempelajari tradisi dan kebiasaan bisnis Anda. Selanjutnya, Anda membutuhkan cara untuk berkomunikasi dengan jelas. Dalam lingkup pasar dunia ini, perlu untuk menyewa jasa penerjemah berbakat. Anda harus tahu dengan jelas apa yang mereka katakan, dan mereka juga harus tahu apa yang Anda katakan. Jangan mengandalkan satu semester bahasa asing dari sekolah menengah untuk melewatinya.
Bisnis global memiliki dampak besar pada karyawan Anda. Misalnya, jika Anda berurusan dengan negara asing yang hanya memiliki jam kerja reguler – di zona waktunya – satu atau lebih karyawan Anda harus hadir untuk panggilan telepon, dll., jika nyaman bagi perusahaan asing. Apakah Anda mengharapkan karyawan Anda berada di kantor untuk menerima telepon itu atau melakukan konferensi telepon di tengah malam, dan Anda mengharapkan mereka bekerja pagi-pagi keesokan harinya? Ini sangat tidak etis.

Bidang lain yang menjadi perhatian yang berkembang dalam hal bisnis dan etika global adalah pelaporan pendapatan dari luar negeri. Jika perusahaan Anda melakukan penjualan ke perusahaan di Kanada, misalnya, penjualan tersebut tidak akan dilaporkan ke IRS AS oleh perusahaan tempat Anda menjual atau pemerintah Kanada. Tidak etis, menurut standar siapa pun, untuk tidak melaporkan pendapatan ini sendiri ke IRS.

Di banyak negara, menyuap pejabat adalah bagian dari berbisnis. Namun, ini tidak menjadikan praktik tersebut etis, dan para ahli menyarankan pemilik bisnis untuk menginstruksikan semua karyawan mereka bahwa praktik tersebut tidak akan ditoleransi saat menjalankan bisnis global – atau bahkan saat menjalankan bisnis di negara Anda sendiri.

Bisnis global tampaknya mudah dengan penggunaan internet, tetapi dalam skema besar, ketika Anda mulai melihat apa yang dapat diterima, tidak dapat diterima, atau diharapkan di negara asing, dalam hal praktik bisnis yang etis, seseorang harus menggunakan banyak hati-hati.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button