Bisnis

Mendefinisikan Ulang Keunggulan untuk Dunia Saat Ini

Tiga puluh tahun yang lalu, Tom Peters menerbitkan sebuah buku bisnis yang sangat berpengaruh, Mencari keunggulan.

Di dalamnya, ia mengidentifikasi delapan karakteristik perusahaan yang sangat baik: bias kerja, tetap dekat dengan pelanggan, kemandirian dan kewirausahaan, produktivitas melalui orang-orang, nilai-nilai organisasi yang jelas dan menarik, fokus pada apa yang Anda lakukan yang terbaik, bekerja dengan tim yang tipis, dan menemukan keseimbangan. antara memiliki struktur yang cukup tanpa terjebak di dalamnya.

Banyak orang mempertanyakan metodologi yang digunakan untuk mengidentifikasi perusahaan yang disorot dalam buku ini. Dan beberapa perusahaan tidak dapat mempertahankan perbedaan mereka lama setelah buku itu dirilis. Namun, buku Peters membawa dua transformasi yang sangat mendasar dalam dunia bisnis.

Yang pertama, dia mengambil konsultasi manajemen dari menara gading dan membuatnya relevan dengan dunia nyata. Kedua, itu telah membuat kami fokus pada pengejaran keunggulan pada saat seluruh dunia mulai mengabaikan kami. Terlepas dari kenyataan bahwa pesaing luar negeri mulai merebut pangsa pasar mereka pada tingkat yang mengkhawatirkan, sebagian besar perusahaan Amerika tetap berpuas diri. Buku Peters memberi kami dorongan cepat yang kami butuhkan untuk bangun dan mencium aroma kopi.

Sejak itu, dunia bisnis telah berubah hampir tanpa bisa dikenali. Namun, prinsip-prinsip yang dijelaskan dalam Mengejar keunggulan Bukti yang baik tetap ada sampai hari ini. Namun, seperti konsep kualitas dan layanan pelanggan, Delapan Prinsip Keunggulan Peters tidak lagi cukup untuk memberikan keunggulan kompetitif. Sebaliknya, mereka menjadi bagian dari status quo. Klien antisipasi mereka sebagai bagian dari penawaran produk atau layanan inti Anda. Entah prinsip-prinsip ini merupakan bagian integral dari cara Anda melakukan pekerjaan atau Anda tidak bertahan hidup.

Dengan mengingat hal itu, saya pikir inilah saatnya untuk mendefinisikan kembali arti keunggulan. Di dunia saat ini, keunggulan lebih dari sekadar seperangkat prinsip. Ini adalah pola pikir, cara berpikir, masalah disiplin dan cara fokus.

Keunggulan dimulai dengan mengartikulasikan kondisi akhir yang ingin Anda capai (menang), dan tanpa henti mendorongnya setiap hari. Keunggulan berarti hanya menerima yang terbaik, dan memahami bahwa ketika Anda tidak diakui sebagai pemimpin organisasi Anda, Anda memikul setidaknya sebagian tanggung jawab. Keunggulan membutuhkan mengetahui kapan harus bergerak maju (bahkan ketika Anda tidak memiliki semua informasi atau solusi sempurna), tetapi melakukannya dengan baik dan terus meningkat saat Anda bergerak maju.

Keunggulan terungkap dalam bahasa yang Anda gunakan, pertanyaan yang Anda ajukan, orang-orang di sekitar Anda, dan cara Anda berinteraksi dengan orang lain. Misalnya, apakah Anda datang tepat waktu untuk rapat? Apakah Anda hadir saat ini? Apakah Anda secara aktif mendengarkan karyawan dan laporan langsung? Apakah Anda menyadari bias dan gelembung pikiran yang Anda bawa ke meja, dan apakah Anda mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampaknya terhadap pengambilan keputusan Anda?

Di dunia yang sangat cepat saat ini, keunggulan membutuhkan pembangunan organisasi yang fleksibel dan cerdas yang dapat dengan cepat beradaptasi dengan pasar yang berubah dengan cepat tanpa kehilangan visi mereka untuk menang. Menciptakan jenis organisasi ini dimulai dengan tiga elemen penting.

kejelasan

Pertama dan terpenting, Anda perlu tahu ke mana Anda pergi dan mengapa. Ketika menghadapi kesulitan (atau peluang), memiliki definisi yang jelas tentang kemenangan mencegah perusahaan menghamburkan sumber dayanya dan menuju ke berbagai arah. Ini memungkinkan pengambilan keputusan yang jelas dan konsisten, tidak hanya mengenai apa yang harus Anda lakukan sebagai sebuah organisasi, tetapi juga apa yang akan Anda lakukan Bukan Bertindak.

Ketika segala sesuatunya berubah secara konstan dan sangat cepat, seperti yang terjadi di pasar yang kacau saat ini, mudah untuk jatuh ke dalam situasi reaksi yang konstan. Sebuah teknologi baru memasuki pasar.. Bagaimana kita menanggapinya? Pesaing memperkenalkan produk baru yang dengan mudah mengalahkan produk kita… Bagaimana kita merespons? Sebuah inovasi dari industri yang sama sekali berbeda tiba-tiba mengganggu model bisnis kami…. Bagaimana kami menanggapinya? Definisi yang jelas dari kemenangan adalah bintang utara yang tidak berubah untuk menghadapi keputusan strategis yang kritis ini.

untuk fokus

Klarifikasi tentang kemenangan adalah titik awal untuk keunggulan. Menjaga karyawan Anda tetap fokus pada kemenangan adalah mesin yang akan membawa Anda ke sana. Sebagai seorang pemimpin, Anda menjalani dan menghirup visi, misi, dan strategi setiap hari (atau setidaknya Anda harus melakukannya!). Tetapi bagi orang-orang di parit, terlalu mudah untuk melupakan gambaran besarnya. Keunggulan membutuhkan menjadikan kemenangan sebagai tujuan harian bagi orang-orang Anda juga.

Bagaimana? Melalui komunikasi terus-menerus untuk menentukan perusahaan Anda menang, dalam sebanyak mungkin cara. Mulailah setiap pertemuan dengan pengingat cepat tentang tujuan. Sebarkan isyarat visual dan “rangsangan otak” ke seluruh perusahaan. Tunjukkan kepada orang-orang bagaimana pekerjaan individu mereka berkontribusi pada kemenangan semua orang. Menghargai secara publik perilaku individu dan tim yang membawa perusahaan lebih dekat untuk menang. Semakin banyak orang fokus tanpa henti untuk menang, semakin tinggi peluang Anda untuk mencapai tujuan strategis Anda.

Kontak

Orang tidak akan setuju melihat Anda menang kecuali mereka merasa terhubung dengan organisasi. Menghubungkan dimulai dengan visi yang kuat yang dapat dipercaya dan dirasakan oleh orang-orang. Mempertahankannya membutuhkan berbagai perilaku mengemudi yang sering diabaikan saat terburu-buru untuk mengeluarkan produk.

Untuk membantu karyawan Anda merasa terhubung, berikan umpan balik yang jujur ​​dan apa adanya secara teratur. Tetapkan ekspektasi kinerja yang jelas untuk setiap pekerjaan, dan minta orang-orang bertanggung jawab untuk tampil di tingkat yang diperlukan. Carilah ide dan masukan dari orang-orang di semua tingkat organisasi, dan dengarkan. Ketika kesulitan muncul, biarkan orang tahu mengapa dan bagaimana perusahaan Anda akan terus menang.

Dan yang terpenting, pastikan tindakan Anda sesuai dengan apa yang Anda katakan. Dalam lingkungan di mana karyawan telah tumbuh dengan baik untuk tidak mempercayai kepemimpinan, integritas pribadi merupakan pendahulu penting untuk keunggulan.

Kejelasan, fokus, dan komunikasi adalah ciri keunggulan perusahaan di abad kedua puluh satu. Apa yang akan Anda lakukan hari ini untuk membangunnya di organisasi Anda?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button